https://drive.google.com/file/d/0BwKE2umbYdjLMTBwMnJGbmpIT1E/view?usp=sharing

Sabtu, 12 Desember 2015

Mengenal Batik Gumelem Banjarnegara



Mengenal Batik Gumelem Banjarnegara

Di Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di  Desa Gumelem Wetan dan Gumelem Kulon Kecamatan Susukan terdapat sentra kerajinan batik. Inilah kenapa dikenal dengan nama Batik Gumelem. Gumelem berjarak sekitar 40 KM ke arah barat daya dari ibukota Kabupaten Banjarnegara. Di sini terdapat puluhan industri rumahan yang tergabung dalam komunitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM) produk kerajinan batik tulis Banjarnegara atau Batik Gumelem.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgj8cH8Yk4HCTK7ZhhxR304xDhe-LQtfV2-mNm4kNomCFaAS7mvmtRncHZGVYDAFiOP6No6OCyQmM6w852PixBr24MWo8LyySYrS2ffwb5gV_QU_ljI-6oKUQyUA5eIDqnL9yU5tvEKOzk/s1600/batik.jpg

Untuk mencapai kawasan sentra batik ini bisa juga ditempuh lewat Kabupaten Banyumas, tepatnya di pinggir jalan raya Susukan. Di situ terpampang gapura besar bertuliskan Sentra Batik Gumelem Banjarnegara. Atau bisa mengunjungi gerai-gerai kecil yang menyatu dengan rumah warga. Di ruang tamu biasanya para pengrajin memajang koleksi kain batiknya maupun yang sudah berbentuk pakaian jadi. Selain berburu batik, tentunya Anda juga bisa melihat proses pembuatan batik secara langsung. Pengrajin batik tradisional di desa Gumelem saat ini sudah ada 56 pengrajin, meskipun kegiatan tersebut saat ini masih merupakan pekerjaan  sambilan.

Hasil batik Gumelem banyak diminati oleh masyarakat dan menjadi salah satu produk unggulan sektor industri rumah tangga. Corak hasil kerajinan batik tulis tersebut sangat beragam, ada yang diberi nama batik Seruling Mas, Cendol Salak, Cendol Wutah, Dawet Ayu, Salak Tanjung, dan Candi Kusuma. Karena kurangnya modal dan jumlah tenaga kerja, maka jumlah hasil produksi masih sangat terbatas sehingga belum dapat memenuhi permintaan pembeli.

Saat ini pamor  Batik Gumelem  belum semasyhur Batik Pekalongan, Batik Solo atau Batik Banyumas. Para pengrajin batik Gumelem sebagian besar hanya memasarkan batiknya melalui tengkulak yang pemasarannya masih terbatas di sekitar wilayah Banjarnegara dan Karsidenan Banyumas.

Batik gumelem

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi2PVCYkgSeElSKcGEzfy_qsEAt0mmiQ2lqRM6rvKpJQQPHdgLCpAjEgPZfAaghME3iQb3lD7OhmnhHZa267aUKP6j7dqeLlgolS9BDGS5PxsuVp2gLivFWsGvMkxyrc9jA5tA_kERsdbE/s1600/batikk.jpg


Tidak ada komentar:

Posting Komentar